Minggu, 17 Oktober 2010

Merawat kucing

Minggu, 17 Oktober 2010
Kucing juga butuh perawatan layaknya seperti manusia kalau tidak mereka akan jatuh sakit. Ada beberapa langkah untuk merawat kucing :

Anak kucing berumur 10-12 minggu harus disapih secara penuh. Berikan anak kucing susu untuk waktu yang lebih hingga kebutuhan kalsium terpenuhi. Saat ia tumbuh lebih besar, kebutuhannya akan laktosa semakin berkurang, maka kurangilah pemberian susu atau ia bisa terkena diare. Anak kucing memiliki kapasitas perut kecil sehingga ia hanya makan sedikit. Jadi makanan sehari harus dibagi ke dalam beberapa bagian kecil.

Kucing memerlukan makanan berprotein tinggi dua kali lebih banyak dari anjing. Makanan kering lebih mudah disajikan dan tidak mudah rusak juga harganya lebih murah. Makanan tersebut juga bisa melatih gigi dan gusi kucing. Anda bisa menambahkan makanan segar untuk kucing anda seperti daging masak, ikan dan telur, keju, hati dalam jumlah kecil.
Walaupun kucing membersihkan diri mereka sendiri, perawatan rutin perlu dilakukan untuk menjaga bulu-bulunya agar tetap bagus. Luangkan waktu bersama yang lebih untuk anda dan kucing anda untuk meningkatkan ikatan persahabatan. Sisirlah bulu-bulunya dengan lembut dan hilangkan kekusutan bulu-bulunya. Sikat dengan sikat lembut seluruh bagian tubuh sampai ekor dan kaki untuk menghilangkan debu dan bulu rontok. Akhiri perawatan dengan membersihkan area sekitar mata dan bagian dalam telinga dengan menggunakan kapas basah. Jika ada noda di bulu-bulunya, gunakan minyak untuk membersihkannya. Mandikan kucing anda jika memang perlu dilakukan.

Kucing perlu dilatih beberapa hal dasar seperti datang jika dipanggil, tidak menggaruk meubel, buang air seni dan kotoran di tempat yang sudah disediakan. Pelatihan membutuhkan waktu dan kesabaran yang besar. Hadiahkan kucing anda dengan potongan kecil makanan jika ia mengerjakan sesuatu dengan benar agar ia bisa melakukan hal yang sama di waktu kemudian. Jangan menyeretnya ke arahmu jika ia tidak datang waktu dipanggil, tetapi tunggu hingga ia datang kepadamu sambil terus memanggil namanya. Hentikan kucing anda jika melakukan sesuatu yang salah dengan cara mengalihkan perhatiannya dengan suara keras misalnya jatuhkan sesuatu di dekatnya atau katakan “Jangan” dengan keras. Jangan memukulnya karena akan merusak hubunganmu dengannya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
◄Design by Pocket Distributed by Deluxe Templates